Kontak Info Lain dan Alamat:

Kunjungi Blog kami: http://skbdenpasar.blogspot.com
Facebook:
skbkotadps@yahoo.co.id
Vidio:
Youtube SKB Kota Denpasar
Email: skbkotadps@yahoo.co.id dan skb.denpasar@gmail.com
Telp: (0361) 461892
Alamat: Jl. Trengguli I Tembau-Penatih Denpasar Timur - Bali

Jumat, 28 Oktober 2011

KUM TAHUN 2011 DI DUSUN CENGKELUNG DAN DUSUN JENAH


Sehari setelah acara pembukaan Percontohan Program Keaksaraan Usaha Mandiri di Dusun Taman dan Dusun Pohmanis Desa Penatih Dangri Kecamatan Denpasar Timur, maka pada hari Kamis tanggal 27 Oktober 2011 menyusul program yang sama dilaksanakan di Dusun Cengkelung dan Dusun Jenah Desa Peguyangan Kangin Kecamatan Denpasar Utara. Acara dibuka bersama bertempat di Balai Dusun Jenah. Acara pembukaan mulai dilaksanakan jam 19.00 wita dan dibuka oleh Kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar I Made Sumbawa, SH selaku penyelenggara kegiatan ini. Hadir juga dalam acara pembukaan ini antara lain: Kepala Desa Peguyangan Kangin, Kepala Dusun Cengkelung, Kepala Dusun Jenah, serta para Pamong Belajar UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar. Para Pamong Belajar tersebut antara lain: A. A. Ayu Koreawati, SE selaku Pengelola KUM, A. A. Ngurah Sumantri selaku Sekretaris, Dra. Ni Wayan Sulastri, M.Pd.H selaku Bendahara. Sie Pembelajaran antara lain: I Nyoman Gede Sukadana, SH, M.Ag , Dra. Sri Hartati Andriana, Ni Ketut Sumiati, S.Pd. Sie Pelaporan antara lain: I Ketut Suarjana, S.Ag, A. A. Ngurah Dalem Astagina, SE, Ni Kadek Suastini, SE, dan I Gusti Ngurah Agung Saputra, SE.
Dalam acara ini tentunya hadir juga para sasaran didik dari kedua Dusun tersebut. Masing-masing dari Dusun Cengkelung berjumlah 20 orang dan Dusun Jenah berjumlah 20 orang.
Dalam pembukaan tersebut kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar mengatakan Program Persontohan KUM ini merupakan kelanjutan dari Program KF Dasar yang sudah dilaksanakan tahun lalu. Kepala SKB mengharapkan agar program yang sudah dilaksanakan dan dipelajari di KF Dasar jangan sampai dilupakan. Dan dalam program KUM ini ditambahkan keterampilan misalnya membuat jajan Bali. Dengan demikian, dalam program KUM ini tidak hanya tentang CALISTUNG saja tapi juga ditambahkan berbagai keterampilan sesuai yang diminati oleh para peserta didik. Beliau juga mengharapkan agar peserta didik tidak segan-segan bertanya tentang berbagai hal yang belum dipahami oleh para peserta didik. Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Desa Peguyangan Kangin atas sambutan yang baik dari para warganya mengenai program KUM ini.
Sementara itu, Bapak Kepala Desa Peguyangan Kangin A. A. Made Sukarata dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar atas dilaksanakannya Program KUM di Dusun Cengkelung dan Dusun Jenah. Kades juga mengharapkan kepada warganya yang mengikuti kegiatan ini khususnya yang ada di Dusun Jenah dan Dusun Cengkelung agar tidak henti-hentinya belajar dan tidak segan-segan bertanya mengenai segala hal yang belum dipahami dalam program ini. Apalagi dalam program KUM ini akan disertai dengan pemberian keterampilan. “Saya harapkan kepada para peserta didik semua pelajaran dan juga keterampilan yang diperoleh dalam kegiatan ini tidak hanya untuk diri sendiri saja, namun dapat ditularkan kepada keluarga, sanak sedulur lainnya”. Demikian nasihatnya. Kepada SKB Kota Denpasar Bapak Kades mengharapkan agar apabila ada program-program lain di SKB pada masa-masa yang akan datang dilaksanakan di Desanya. Sehingga dengan program-program tersebut akan dapat meningkatkan SDM masyarakat. Khususnya di Dusun Jenah dan Cengkelung dan Desa Peguyangan Kangin pada umumnya.
Pada kesempatan tersebut, Kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar secara simbolis menyerahkan ATK kepada Kepala Dusun Jenah dan Cengkelung. Sedangkan tentang dana pemandirian akan diserahkan kelak setelah program ini selesai. Dana pemandirian tersebut akan diberikan kepada setiap peserta didik sebagai modal usaha untuk menunjang keterampilan yang telah mereka kuasai dalam kegiatan ini. Hal yang sama juga akan dilaksanakan di Dusun Taman dan Dusun Pohmanis Desa Penatih Dangri Kecamatan Denpasar Timur yang pelaksanaannya sudah dilaksanakan sehari sebelumnya yakni hari Rabu tanggal 26 Oktober 2011.
Proses pembelajaran KUM ini akan dilaksanakan selama 4 bulan. Adapun jadwalnya adalah 3 kali pertemuan setiap minggunya yakni setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu. Proses belajar mengajar mulai jam 16.00 wita sampai 21.00 wita. Dilaksanakan di masing-masing balai Dusun (Banjar).
Adapun para nara sumber / Tenaga Pendidik dalam KUM ini antara lain: A. A. Ngurah Dalem Astagina, SE, materi pelajaran membaca. Dra. Sri Hartati Andriana. materi palajar menulis. I Nyoman Gede Sukadana, SH. M.Ag materi pelajaran berhitung dan Dra. Ni Wayan Nadi materi pelajaran praktek. (smt).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar