Kontak Info Lain dan Alamat:

Kunjungi Blog kami: http://skbdenpasar.blogspot.com
Facebook:
skbkotadps@yahoo.co.id
Vidio:
Youtube SKB Kota Denpasar
Email: skbkotadps@yahoo.co.id dan skb.denpasar@gmail.com
Telp: (0361) 461892
Alamat: Jl. Trengguli I Tembau-Penatih Denpasar Timur - Bali

Selasa, 01 November 2011

KF DASAR DI LINGKUNGAN PLAGAN DAN ANGGABAYA TAHUN 2011


Pembukaan Program Percontohan Keaksaraan Dasar (KF) UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar tahun 2011 dilaksanakan di Lingkungan Plagan dan Lingkungan Anggabaya Kelurahan Penatih Kecamatan Denpasar Timur. Pembukaan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 31 Oktober 2011. Pembukaan dilaksanakan bersamaan pada jam 19.00 wita bertempat d SD. No. 3 Penatih Kelurahan Penatih Kecamatan Denpasar Timur.
Hadir dalam acara ini adalah Kepala Lurah Penatih, Kepala Lingkungan Plagan dan Anggabaya serta Kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar I Made Subawa, SH sebagai pihak Penyelenggara dan Penanggung Jawab kegiatan.. Selain para undangan tersebut, hadir juga para staf cq Pamong Belajar UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar sebagai panitia penyelenggara antara lain : I Ketut Suarjana, S.Ag sebagai Ketua, I Nyoman Gede Sukadana, SH, M.Ag sebagai Sekretaris, I Gusti Made Senjaya, S.Ag sebagai Bendahara, A. A. Ngurah Dalem Astagina, SE Seksi Pembelajaran dan A. A. Ayu Koreawati, SE sebagai seksi Pelaporan, selain itu juga hadir para peserta didik KF Dasar dari Lingkungan Plagan dan Anggabaya masing-masing berjumlah 20 orang.
Kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar dalam pembukaan tersebut mengatakan bahwa yang pertama Perndidikan Kaeksaraan dasar merupakan upaya peningkatan kemampuan keberaksaraan penduduk buta aksara usia 15 tahun keatas agar memilki kemampuan membaca, menulis, berhitung, mendengarkan dan berbicara untuk mengkomunikasikan teks lisan dan tulis menggunakan aksara dan angka dalam Bahasa Indonesia. Yang kedua adalah tujuannya yakni mempercepat penuntasan pemberantasan buta aksara (PBA) dalam meningkatkan kemampuan keberaksaraan. Selain itu Kepala SKb juga mengharapkan kepada peserta didik Keberaksaraan Dasar untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berhitung, mendengarkan, dan berbicara.
Sementara itu Kepala Lurah Kelurahan Penatih Nyoman Oka Saljana, S.Sos dalam sabutannya menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar yang sudah berupaya ikut serta meningkatkan SDM warganya terutama di Lingkungan Plagan dan Anggabaya. Beliau mengharapkan agar program ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sampai tuntas mampu membaca, meunulis, dan berhitung. Kepada peserta didik yang notabene warga masyarakatnya ini, Kepala Kelurahan Penatih agar tekun mengikuti proses belajar sampai selesai dan berhasil. “Saya percaya bahwa secara praktek Bapak-bapak dan Ibu-ibu sudah biasa menghitung uang namun sekarang perlu diimbangi dengan menuliskannya sehingga lengkaplah pengetahuan yang Bapak-bapak dan Ibu-ibu miliki” katanya.
Dalam Program KF Dasar ini, selain CALISTUNG (membaca, menulis, dan berhitung) juga akan diberikan keterampilan berupa membuat jajan Bali yakni jajan Uli dan jajan Begina. Kdua jenis jajan ini biasanya dipakai untuk kelengkapan sarana upacara dalam Agama Hindu.
Dalam kesempatan tersebut Kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar secara simbolis menyerahkan ATK kepada Kaling Plagan dan Kaling Anggabaya. Proses Belajar Mengajar KF Dasar ini dilaksanakan selama 6 bulan bertempat di SD No. 3 Penatih. Adapun jadwal belajar dilaksanakan 3 kali seminggu setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai jam 19.00 wita sampai dengan jam 21.00 wita.
Adapun para Nara Sumber / Tutor dalam KF Dasar ini antara lain : I Gusti Made Senjaya, S.Ag Tutor Membaca, I Nyoman Gede Sukadana, SH, M.Ag, Tutor Menulis, dan Kadek Sutarka Tutor Berhitung. Sedangkan Tutor untuk keterampilan membuat jajan Bali diberikan oleh A. A. Ayu Koreawati, SE (smt).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar