Kontak Info Lain dan Alamat:

Kunjungi Blog kami: http://skbdenpasar.blogspot.com
Facebook:
skbkotadps@yahoo.co.id
Vidio:
Youtube SKB Kota Denpasar
Email: skbkotadps@yahoo.co.id dan skb.denpasar@gmail.com
Telp: (0361) 461892
Alamat: Jl. Trengguli I Tembau-Penatih Denpasar Timur - Bali

Sabtu, 10 Maret 2012

KETERAMPILAN UNTUK PESERTA DIDIK PENDIDIKAN KESETARAAN


Program Bantuan Operasional Pendidikan Non Formal dan In Informal yang diberikan Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Dikpora Kota Denpasar kepada peserta didik Pendidikan Kesetaraan UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar direalisasikan pada hari Jumat tanggal 9 Maret 2012. Anggaran ini merupakan APBD Pemerintah Kota Denpasar. Bantuan ini untuk keterampilan vocasional berupa keterampilan membuat kue non beras. Ada pun sasarannya adalah peserta didik Pendidikan Kesetaraan Tahun Ajaran 2011/2012 yakni Paket A kelas 5 dan kelas 6. Paket B kelas VII, VIII dan IX.Paket C kelas X dan XII. Sedangkan Paket C kelas XII tidak dilibatkan karena mereka dikonsentrasikan untuk pemantapan menjelang Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) tahun 2012. Adapun jumlah sasaran untuk kegiatan ini adalah 280 orang peserta didik. Kegiatan ini hanya berlangsung satu kali pertemuan saja dimulai jam 17.00-20.00 wita. Nara sumber dari keterampilan membuat kue non beras ini adalah A. A. Sri Widiarti, S.Pd dan Dra. Ni Wayan Kamarini. Keduanya adalah guru SMK Negeri 4 Denpasar.
Adapun jenis kue non beras yang dibuat dan dipelajari adalah Kue Mangkuk dari bahan Ketela Ungu, Kue Klepon dari bahan Ketela Ungu, Kue Singkong Keju dari bahan Singkong, Roti Kukus dari bahan Ketela Ungu, dan Kue Kroket dari bahan Singkong. Untuk kegiatan ini pesertanya dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok 1 bergabung Paket A dan Paket B membuat Kue Klepon Ketela Ungu. Kelompok 2 Paket C Kelas Xa membuat Kue Singkong Keju. Kelompok 3 Paket C Kelas Xb membuat Kue Roti Kukus Ketela Ungu dan Paket C Kelas Xia dan b membuat Kue Kroket dari bahan Singkong.
Kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar Ni Made Sugiantini, S.Pd. M.Pd.H dalam sambutan dan pengarahannya mengatakan bahwa selain belajar seperti di Pendidikan Formal, peserta didik Pendidikan Kesetaraan juga diberikan berbagai keterampilan seperti Memasak dan Membuat Kue, Keterampilan Menjahit, membordir, Bahasa Asing/Ingris, Komputer dan sebagainya. “Kami harapkan setelah kalian selesai belajar di SKB ini kalian diharapkan memeiliki berbagai kompetensi yang mana kemampuan dan keterampilan itu dapat menciptakan lapangan kerja. Jadi kalian tidak hanya mencari kerja baik di Pemerintahan maupun di lembaga swasta akan tetapi justru menciptakan lapangan kerja. Kalian juga dapat menampung orang-orang lain yang membutuhkan pekerjaan” demikian Kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar.
Selain mereka diajarkan bagaimana membuat berbagai jenis kue non beras ini, mereka juga diajarkan cara menyajikan dan menata hasil olahannya. Sehingga tidak saja hanya dari segi rasa saja juga bagaimana penampilan dan penataan yang baik juga akan mampu membangkitkan selera peminat untuk menikmatinya. Kegiatan ini berakhir sesuai dengan rencana yaitu jam 20.00 wita. Setelah ditata dengan apik diatas meja para peserta secara bergantian sesuai kelompoknya kemudian berfoto bersama hasil karyanya. Para peserta semakin senang dan gembira karena hasil olahan mereka akhirnya dinikmati bersama (smt).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar