Kontak Info Lain dan Alamat:

Kunjungi Blog kami: http://skbdenpasar.blogspot.com
Facebook:
skbkotadps@yahoo.co.id
Vidio:
Youtube SKB Kota Denpasar
Email: skbkotadps@yahoo.co.id dan skb.denpasar@gmail.com
Telp: (0361) 461892
Alamat: Jl. Trengguli I Tembau-Penatih Denpasar Timur - Bali

Sabtu, 27 Februari 2010

PERAYAAN HARI SUCI SARASWATI DAN “MELAPAS” GONG SERTA GEGUNTANGAN DI UPT SKB DINAS DIKPORA KOTA DENPASAR


Hari Raya Saraswati yaitu hari Pawedalan Sang Hyang Aji Saraswati, jatuh pada tiap-tiap hari Saniscara Umanis wuku Watugunung. Pada hari itu kita umat Hindu merayakan hari yang penting itu. Terutama para pamong dan siswa-siswa khususnya, serta pengabdi-pengabdi ilmu pengetahuan pada umumnya.
Dalam legenda digambarkan bahwa Saraswati adalah Dewi/ lstri Brahma. Saraswati adalah Dewi pelindung/ pelimpah pengetahuan, kesadaran (widya), dan sastra. Berkat anugerah dewi Saraswati, kita menjadi manusia yang beradab dan berkebudayaan.
Dewi Saraswati digambarkan sebagai seorang wanita cantik bertangan empat, biasanya tangan- tangan tersebut memegang Genitri (tasbih) dan Kropak (lontar). Yang lain memegang Wina (alat musik / rebab) dan sekuntum bunga teratai. Di dekatnya biasanya terdapat burung merak dan undan (swan), yaitu burung besar serupa angsa (goose), tetapi dapat terbang tinggi .
Upacara pada hari Saraswati, pustaka-pustaka, lontar-lontar, buku-buku dan alat-alat tulis menulis yang mengandung ajaran atau berguna untuk ajaran-ajaran agama, kesusilaan dan sebagainya, dibersihkan, dikumpulkan dan diatur pada suatu tempat, di pura, di pemerajan atau di dalam bilik untuk diupacarai
Widhi widhana (bebanten = sesajen) terdiri dari peras daksina, bebanten dan sesayut Saraswati, rayunan putih kuning serta canang-canang, pasepan, tepung tawar, bunga, sesangku (samba = gelas), air suci bersih dan bija (beras) kuning.

Oleh karena itulah sebagai lembaga pendidikan, UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar selalu melaksanakan Perayaan Hari Suci Saraswati ini. Demikian pula hari saraswati yang jatuh pada sabtu tanggal 27 Pebruari ini 2010 ini dilaksanakan dengan melakukan persembahyangan bersama dipimpin oleh seorang sulinggih. Persembahyangan ini adalah sebagai wujud syukur atas segala berkah berupa ilmu pengetahuan yang sudah dilimpahkan leh Tuhan kepada kami. Perayaan Hari Suci Saraswati di UPT. SKB. Dinas Dikpora Kota dihadiri segenap unsur Pendidikan Kesetaraan; Kepala UPT, Kabag TU dan Staf, Pamong Belajar atau Tenaga Pendidik/ Tenaga Kependidikan, serta peserta didik Pendidikan kesetaraan Play Group, PAUD, Paket A, Paket B, Paket C, dan Peserta Kursus.
Dalam kesempatan dan “dewasa” atau hari baik ini, UPT. SKB. Dinas Dikpora Kota Denpasar juga “melapas” Gong dan Gambelan Geguntangan. Seperangkat Gong dan Gambelan Geguntangan ini diadakan selain sebagai perangkat dan sarana pengiring upacara keagamaan, juga adalah sebagai implementasi bagaimana UPT. SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar sudah mengenalkan sejak dini kepada peserta didik khususnya bagi pesereta didik PAUD budaya daerahnya serta melestarikannya. Selain itu, UPT SKB. Kota Denpasar juga sangat mendukung bahwa Kota Denpasar sebagai Kota berwawasan Budaya cq Budaya Daerah Bali tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar